Kamis, 01 April 2010

Tata bahasa Perancis

Komponen-komponen penting dalam bahasa Perancis meliputi beberapa hal sebagai berikut.

Huruf

Untuk menulis kata maupun kalimat dalam bahasa Perancis, digunakan huruf latin pada umumnya.

Aa Bb Cc Dd Ee Ff Gg Hh Ii Jj Kk Ll Mm
Nn Oo Pp Qq Rr Ss Tt Uu Vv Ww Xx Yy Zz

Huruf-huruf dasar tersebut diperkaya dengan pengembangan huruf-huruf vokal yang beraksen, yaitu:

Aksen Yy Ii Ee Aa Oo Uu
Aigu - - Éé - - -
Circonflexe - Îî Êê Ââ Ôô Ûû
Grave - - Èè Àà - Ùù
Tréma Ÿÿ Ïï Ëë - Œœ Üü

Ditambah juga dengan modifikasi konsonan c, yaitu cé cédille (Ç ç).

Komponen kata

Komponen kata dalam bahasa Prancis terdiri atas:

Pronom (kata ganti)

Pengenalan kata dalam bahasa Prancis dapat dimulai dengan pronom, yang terdiri atas pronom personal (kata ganti orang), pronom komplemen (kata ganti pelengkap), pronom posesif (kata ganti kepemilikan), pronom demonstratif (kata ganti tunjuk), pronom indefini (kata ganti tak tentu), pronom relatif (kata ganti relasi), dan pronom interogatif (kata ganti tanya).

[sunting] Kata ganti orang

Bahasa Perancis membagi persona subjek (S) menjadi enam yang terdiri atas tiga persona tunggal dan tiga persona jamak yang selalu ditempatkan sebagai subjek langsung. Persona kedua tunggal (tu) dipakai untuk menegur lawan bicara secara akrab (kamu). Persona kedua jamak (vous) digunakan baik untuk menegur beberapa lawan lawan bicara (kalian) maupun satu lawan bicara saja dengan cara umum atau sopan (Anda). Pronomina on sama maknanya dengan nous, namun konjugasi verbanya sesuai dengan persona ketiga tunggal (il).

  • Je = saya
  • Tu = kamu, kau
  • Il/elle = Dia pria/wanita
  • Nous = kami
  • Vous = Anda, kalian
  • Ils/elles = Mereka pria/wanita

Selain sebagai subjek langsung, kata ganti orang dalam bahasa Perancis dapat juga berfungsi sebagai objek, baik secara langsung maupun tidak langsung. Disebut objek langsung bila objek tersebut dikenai langsung oleh verba, contohnya: Je connais Louis (Saya kenal Louis), sedangkan disebut objek tidak langsung bila objeknya tidak langsung dikenai verba, tetapi melalui perantara berupa preposisi, contohnya: Je parle à Louis (Saya bicara pada Louis).

1 komentar: